TUGAS I
MANAJEMEN
DAN PERKEMBANGANNYA
“disusun
untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Manajemen Industri”
Dikumpulkan pada : 05 Oktober 2012
disusun oleh:
Bagus Wicaksono 1100008
TEKNIK
ELEKTRO
PENDIDIKAN
TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS
PENDIDIKAN TEKNOLOGI KEJURUAN
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2012
1. a. Jelaskan pengertian Manajemen!
Manajemen
adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan,
pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian/ pengawasan, yang dilakukan
untuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan
sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.
Sedangkan
manajemen menurut para ahli, sebagai berikut:
• Manajemen
adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan
pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan. (Drs. Oey Liang Lee )
• Manajemen
adalah proses perencanaan, pengorganisasian dan penggunakan sumberdaya
organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
(James A.F. Stoner)
• Manajemen
merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan,
pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan
serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya
manusia dan sumberdaya lainnya. (R. Terry )
• Manajemen
sebagai “One or more managers individually and collectively setting and
achieving goals by exercising related functions Man, Materials, Methods,
Machines, Money dan Markets various resources (information
materials money and people)”. Pendapat tersebut kurang lebih mempunyai arti
bahwa manajemen merupakan satu atau lebih manajer yang secara individu maupun
bersama-sama menyusun dan mencapai tujuan organisasi dengan melakukan
fungsi-fungsi terkait (perencanaan, pengorganisasian, penyusunan staf,
pengarahan dan pengawasan) dan mengkoordinasi berbagai sumber daya
(informasi material uang dan orang). (Plunket dkk, 2005:5)
• Manajemen
sebagai: “the process of administering and coordinating resources
effectively and efficiently in an effort to achieve the goals of the
organization.” Pendapat tersebut kurang lebih mempunyai arti bahwa
manajemen merupakan proses mengelola dan mengkoordinasi sumber daya-sumber daya
secara efektif dan efisien sebagai usaha untuk mencapai tujuan organisasi.
(Plunket dkk, 2005:5)
b. Sebutkan
dan Jelaskan tingkatan manajemen!
1.
MANAJEMEN PUNCAK (TOP MANAGEMENT) – CEO (CHIEF EXECUTIF OFFICER)
2.
MANAJEMEN MENENGAH (BUSINESS/MIDLLE MANAGEMENT) – DIVSION MANAGER
3.
MANAJEMEN TINGKAT BAWAH
(LAW/FISRT LINE MANAGEMENT) -
FUNTIONAL MANAGER
|
Ø
Tingkatan Vertikal
Ø
Tingkatan Horizontal
TINGKATAN MANAJEMEN
|
MANAJEMEN HORIZONTAL
|
1. ADMINISTRASI
2. KEUANGAN
3. AKUNTAN
4. PERSONALIA
5. PRODUKSI
6. LITBANG
|
MANAJEMEN VERTIKAL
|
Manajemen Vertikal :
·
Tingkat Pertama, High
Level (tingkat tinggi) atau Corporate/top Management (manajemen
puncak) dikenal dengan nama Chief Executif officer (CEO) biasanya
terdiri dari beberapa orang pimpinan. Bertanggung jawab pengolahan terhadap
organisasi secara keseluruhan.
·
Tingkat kedua, Busnisess/Middle Management
(tingkat menengah), disebut juga Division manager.
·
Tingkat ketiga,
Law level atau fungsional/first line management (tingkat
bawah), dikenal dengan functional manager.
Manajemen
Horizontal :
•
Administrasi, divisi adminsitrasi bertugas dan
bertanggungjawab atas perbuatan, pengarsipan serta ekspedisi surat-menyurat
dari daaan untuk organisasi/perusahaan.
•
Akuntan, divisi akunting bertugas mencatat seluruh
kegiatan transaksi keuangan, baik pemasukan ataupun pengeluaran oleh organisasi
atau perusahaan, kemudian secara beerkala minimal satu tahun sekali dilakukan
tutup buku dan membuat laporan keuangan neraca laba rugi.
•
Keuangan, divisi keuangan bertugas mengelola dan
mengalokasikan dana organisasi/perusahaan agar dapat memenuhi kebutuhan dana
pada semua bagian yang menjadi anggota organisasi/perusahaan.
•
Personalia, divisi ini bertanggungjawab atas
pengelolaan sumber daya manusia termasuk pengadaan atau pemeliharaannya,Antara
lain mengirimkan SDM nya untuk detraining, promosi karier sampai penilaian
prestasinya.
•
Produksi, divisi ini bertanggungjawab untuk
perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian produksi dengan cara mengolah
materi/bahan baku menjadi produk/jasa
yang memiliki nilai tanbah bagi organisasi/perusahaan.
•
Litbang, divisi ini bertanggungjawab atas riset
pasar, pengembangan produk/jasa baru, menganalisasi pesaing untuk
mengantisipasi kebutuhan pasar.
2. Gambarkan dan jelaskan skema
unsur-unsur manajemen organisasi!
INPUT (Sumber
Daya Potensial
|
6 M + I :
Man (SDM)
Materials (Bahan
Baku)
Methods (Metode)
Machines (Mesin)
Money
(Investasi)
Markets (Pasar)
and
Information (Informasi)
|
Tujuan:
Kepuasan Pelanggan/Konsumen
|
PROSES
|
Fungsi Manajemen
|
POAACCE:
Planning (Perencanaan)
Organizing (Pengorganisasian)
Action (Pelaksanaan)
Actuating (Penggerakan)
Coordinating (Koordinasi)
Controling (Pengawasaan)
Evaluation (Evaluasi)
|
OUTPUT
|
Penjelasan :
•
Planning, (perencanaan) adalah suatu kegiatan membuat tujuan
perusahaan dan diikuti dengan membuat berbagai rencana yang telah ditentukan
untuk mencapai tujuan tersebut.
•
Organizing (Pengorganisasian)
adalah keseluruhan proses memilih orang-orang serta mengalokasikan sarana dan
prasarana untuk menunjang tugas orang-orang itu dalam organisasi dan mengatur
mekanisme kerjanya sehingga dapat menjamin pencapaian tujuan.
•
Actuating, Menggerakan (actuating) menurut Terry
(1977) dalam Sagala (2009:60) berarti merangsang anggota kelompok melaksanakan
tugas-tugas dengan antusias dan kemauan yang besar. Tugas menggerakan dilakukan
oleh pemimpin.
•
Coordinating, Coordinating atau
pengkoordinasian mengandung makna
menjaga agar tugas-tugas yang telah dibagi, tidak dikerjakan menurut kehendak yang mengerjakan
saja, tetapi menurut aturan sehingga
menyumbang pencapaian
tujuan.
•
Controlling, Controlling atau
pengawasan, sering juga disebut pengendalian adalah salah satu fungsi manajemen
yang berupa mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa
yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud
sesuai dengan tujuan yang telah digariskan semula.
3. Sebutkan dan jelaskan model-model manajemen
yang anda kenal!
Ada beberapa model manajemen yang
dikenal, antara lain:
Ø Manajemen Ilmiah
Manajemen
ilmiah dapat dirumuskan sebagai suatu penalaran logis dan sistematis atas
kejadian-kejadian dalam praktek manajemen, hingga menjadi kesimpulan yang
berlaku secara umum dengan batasan yang menyertainya.
Ø
Manajemen
dengan Pendekatan Hubungan Manusia
Model
ini menunjukan bahwa:
a)
Produktivitas akan meningkat bila manajer memberikan
perhatian kepada pekerja.
b)
Pemberian bonus pada akhir tahun tidak selamanya bisa
meningkatkan produktivitas.
c)
Sosialisasi pekerja di dalam lingkungan kerja bisa
meningkatkan produktivitas.
Ø
Manajemen
Kuantitatif
Model
ini beranggapan bahwa setiap permasalahan dapat dipandang secara logis dan
dapat dibuatkan model matematisnya.
Ø
Manajemen
dengan Pendekatan Sistem
Pada
model ini manajemen merupakan kotak hitam (black
box) yang mempunyai masukan, proses dan keluaran.
Ø
Manajemen
dengan Pendekatan Kontingensi
Model
ini menyatakan bahwa hasil suatu proses dalam suatu organisasi dipengaruhi oleh
situasi dan kondisi setempat.
4.
Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor lingkungan industri kecil!
Faktor Kesempatan
a)
Persaingan dan Kebijakan Pemerintah
Kebijakan
pemerintah untuk membatasi jumlah industry yang bisa masuk dalam jenis usaha
tertentu, memberikan peluang bagi industri kecil untuk berkembang.
b)
Kondisi Ekonomi dan Tingkah Laku Konsumen
Secara
teoritis, keadaan ekonomi dimana daya beli konsumen menurun akan mendorong
konsumen beralih ke produk atau barang-barang subtitusi.
c)
Perkembangan Industri/Perusahaan Besar
Kesempatan
industri kecil dari perkembangan industri besar adalah pengisian bagian-bagian produk
atau komponen yang dihasilkan oleh industry besar.
d)
Perkembangan Teknologi
Teknologi
baru melahirkan kebutuhan baru dan jenis produk baru. Kondisi ini merupakan
kesempatan bagi industry kecil untuk mengisi kebutuhan baru tersebut.
e)
Semangat Berusaha
Semangat
yang tinggi merupakan daya dorong terhadap inisiatif dan munculnya ide baru.
Faktor Pembatas
a.
Kemampuan Mengelola
Kurangnya
kemampuan mengelola disebabkan karena latar belakang pendidikan, pengalaman dan
kurang latihan.
b.
Lemahnya Daya Finansial
Keterbatasan
sumber dana mengakibatkan lemahnya daya financial. Keadaan ini disebabkan
karena terbatasnya pemilikan informasi jalur lembaga keuangan.
c.
Kemampuan Bersaing
Pada
umumnya kemampuan bersaing dari industri kecil sangat lemah. Masuknay industri
lain dengan teknologi dan manajemen yang lebih efisien akan menggoyahkan posisi
industry kecil.
d.
Koordinasi Produk dan Penjualan
Rendahnya
kemampuan mengelola membatasi kemampuan koordinasi antara produksi dan
penjualan
e.
Pemilikan Informasi
Pemilikan
informasi industri kecil sangat terbatas, sehingga jangkauan pemasarannya
sangat terbatas.
f.
Meningkatnya Komplesitas Operasi
Kompleksitas
operasi perusahaan berhadapan dengan kemampuan mengelola yang terbatas
mengakibatkan posisi industry kecil semakin sulit.
Makasih sob materi manajemen'a
BalasHapusKunjungi balik ya blog saya di
Artikel Ekonomi
mkasih sob
mohon kritik dan saran'a ya